Driver and Metric dalam Supply Chain

Standard

Fasilitas

Fasilitas merupakan lokasi fisik yang sebenarnya di jaringan supply chain dimana produk disimpan, diassembly, dan diolah.

Peran Fasilitas di dalam supply chain adalah sebagai tempat terjadinya supply chain, tempat dimana atau kemana inventory akan diangkut, dalam fasilitas inventory ditransformasi (manufaktur) atau disimpan (gudang).

Peran Fasilitas di dalam strategi kompetitif adalah

  • Fasilitas yang disentralisasi akan meningkatkan efisiensi
  • Pembangunan fasilitas produksi yang dekat dengan konsumen akan menambah biaya fasilitas sehingga mengurangi efisiensi tetapi meningkatkan responsiveness konsumen.

Seorang manager dapat menentukan Fasilitas terkait bentuk Matrics yang mempengaruhi kinerja supply chain. Matrics tersebut antara lain :

  • Kapasitas : jumlah maksimum fasilitas dapat diperoleh
  • Utilitas : bagian dari kapasitas yang saat ini sedang digunakan dalam fasilitas. Utilitas mempengaruhi biaya unit pengolahan dan delay. Jika biaya unit pengolahab turun maka delay akan meningkat dengan meningkatnya utilitas.
  • Theoretical Flow / cycle time of  : waktu yang dibutuhkan untuk proses produksi jika sama sekali tidak ada penundaan untuk setiap tahap.
  • Actual Average Production /cycle time: waktu rata-rata aktual yang diambil untuk setiap unit
  • Flow time efficiency : rasio dari teoritical flow time dengan rata-rata flow time tahunan.

Inventory

Peran dalam Supply Chain :

  • inventory ada karena ketidaksesuaian antara penawaran dan permintaan.

Peran dalam strategi Kompetitif :

  • Jika responsiveness merupakan prioritas maka perusahaan menyediakan inventori yang besar supaya ketika pelanggan menginginkan barang maka perusahaan langsung dapat menyediakan.
  • Jika efisiensi yang diprioritaskan maka inventori perusahaan harus diminimalisir supaya mengurangi biaya inventori

Transportasi

Peranan dalam supply chain :

  • memindahkan produk antar tahap-tahap supply chain

Peran dalam strategi kompetitif :

  • Semakin cepat transportasi maka lebih responsiveness ke pelanggan tetapi biaya yang diperlukan untuk transport lebih mahal. Jika pengiriman barang lebih lama sampai ke konsumen maka akan menghemat biaya transportasi sehingga lebih efisien tetapi tidak responsiveness.

Informasi

Peranan dalam supply chain :

  • menghubungkan berbagai driver supply chain mengkoordinasi dan memaksimalkan keuntungan, informasi merupakan hal yang sangat penting karena informasi mempengaruhi setiap driver supply chain secara langsung.

Peranan dalam strategi kompetitif :

  • informasi yang semakin akurat akan meningkatkan responsiveness sedangkan informasi yang kurang akurat akan lebih efisien karena membutuhkan biaya yang lebih rendah daripada informasi yanng akurat.

Sourcing

Sourcing atau sumber  merupakan suatu keputusan yang mempengaruhi efisiensi dan responsiveness, contohnya ketika Motorola melakukan outsourching dengan melakukan kontrak dengan perusahaan di Cina, hal ini meningkatkan efisiensi tetapi tidak meningkatkan responsiveness karena jaraknya yang jauh dengan pasar. Maka Motorola memperbaiki responsifitasnya dengan cara mendistribusikan produknya menggunakan moda transportasi udara meskipun transportasi udara lebih mahal tetapi transportasi udara lebih cepat sampai ke customer sehingga responsifitasnya tinggi.

Pricing

Merupakan berapa besar nilai suatu barang atau jasa yang diproduksi, harga berpengaruh terhadap sikap custmer terhadap barang atau jasa.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s